Workshop Kurikulum Pendidikan Prodi Fisika

Oleh: Meilan Demulawa . 23 September 2020 . 13:10:03

Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap 4 tahun sekali, dengan me-rekonstruksi kurikulum pada Program Studi Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Pendidikan IPA secara bersama-sama melaksanakan kegiatan diskusi kurikulum secara daring yakni "Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka". 

Ketua Tim kurikulum Bapak Asri Arbie, M.Si mengatakan bahwa" Rekonstruksi ini bertujuan untuk menghasilkan kurikulum yang dapat memfasilitasi tercapainya tujuan dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, serta menghasilkan kurikulum merdeka yang memuat program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel dan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai passion dan bakatnya". Pada kegiatan ini pula dihadiri langsung secara virtual para Tim Ahli dari bidang Fisika : Bapak Dr. Rizqie Arbie, M.Si, (Institut Teknologi Bandung, ITB) dan Bapak Dr. Pujianto, M.Pd (Universitas Negeri Yogyakarta, UNY).

Pada kegiatan inti "Diskusi Kurikulum" ini, Dr. Rizqie Arbie dan Dr. Pujianto sangat banyak memberikan masukan dan saran terhadap struktur kurikulum Jurusan Fisika secara keseluruhan, terutama dalam hal penguasaan secara kontekstual bagaimana membekali para calon pengajar dalam hal ini calon  lulusan yang benar-benar menguasai konsep dan analogi yang tepat tentang prinsip-prinsip ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari. alam hal ini sangat ditekankan pada "attitude" .

Dalam closing statement di akhir kegiatan, bapak Asri Arbie, M.Si menyatakan dan sangat mengaharapkan agar kegitan Diskusi tersebut tidak hanya terbatas pada  Room Meeting hari ini saja, tapi selebihnya sangat dibutuhkan diskusi secara berkelanjutan kolaborasi antara pihak Jurusan Fisika FMIPA UNG dan seluruh pihak yang hadir dalam kesempatan kali ini.

 

Agenda

31 Juli - 02 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Website