UNG Menjadi Salah Satu Kontributor Utama Dalam Meningkatkan Indeksasi Publikasi Artikel, Jurusan Fisika Terus Meningkatankan Kinerja Riset dan Publikasi Nasional Maupun Internasional

Oleh: Meilan Demulawa . 10 Januari 2021 . 13:42:52

Prodi Pendidikan Fisika, ikut andil sebagai salah satu penyumbang utama dalam menaikkan perengkingan indeksasi publikasi di UNG. Oleh Sebab itu, Ketua Jurusan Fisika terus mengapresiasi dan memotivasi  para civitas akademik , tidak hanya terbatas pada dosen saja tetapi juga untuk para mahasiswa agar melakukan riset berbasis output publikasi artikel ilmiah. Hal ini dapat dilihat pada portal SINTA (Science and Technology Index) >Departement >Fisika UNG terdapat jumlah artikel dan jumlah sitasi untuk Scopus dan Google Scholar yang terus meningkat dari tahun ke tahun (tahun 2008 sampai tahun 2022). Untuk peneliti dan dosen agar dapat terdaftar di SINTA terdapat 3 tahapan, yaitu (1) registrasi, (2) verfikasi, dan (3) sinkronisasi. Sinkronisasi adalah proses menyalin artikel atau publikasi yang ada disumber data terhadap sistem yang ada. Dalam hal ini, sumber data adalah databaseScopus dan databasesitus web SINTA sebagai sistem yang menampung data hasil sinkronisasi. Data yang disinkronisasi adalah jumlah publikasi dan jumlah kutipan terhadap publikasi tersebut.

Dalam menjalan tugas tri dharma Perguruan Tinggi, dosen memiliki tugas dan kewajiban melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masayarakat. Salah satu dosen Fisika Dr. Raghel Yunginger, M.Si  masuk kedalam Peringkat ke-8 Tingkat Teratas Dosen Peneliti pada web SINTA UNG yang memiliki beberapa terbitan artikel pada Scopus Q1, Q2 dan Q3. Hal ini yang menginspirasi para civitas akademik lainnya  khususnya pada lingkup Jurusan Fisika untuk semakin berkarya dan terus mengembangkan riset bidang kajiannya masing-masing.

Demikian halnya dengan mahasiswa pada tingkat akhir, mahasiswa diharuskan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal lokal, nasional ataupun internasional sebagai prasyarat mengikuti wisudah. Melalui kebijakan seperti ini, diharapkan mampu meningkatkan output publikasi sebanyak-banyaknya dan meningkat secara linier dari tahun ke tahun berikutnya.

Agenda

31 Juli - 02 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Website