Dosen Fisika Pendidikan mengikuti Workshop Penyusunan Rencana Assesmen dan Evaluasi Berbasis OBE untuk Persiapan Akreditas International

Oleh: Meilan Demulawa . 9 Juni 2022 . 13:13:33

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo menggelarkan Workshop dengan Agenda utama dalam kegiatan tersebut adalah penyusunan rencana Assesmen dan Evaluasi Berbasis Outcome Base Education (OBE) untuk penyiapan dokumen Akreditasi International dengan melibatkan dosen-dosen fisika pendidikaan yang dilaksanakan di UTC Damhil, Kamis 9 Juni 2022.

Workshop diawali dengan sambutan oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. Dalam sambutanya, beliau menyampaikan bahwa kurikulum berbasis (OBE) akan menjadi persyaratan dalam akreditasi Internasional yang akan dilaksanakan oleh Fakultas MIPA. Dekan juga menghimbau agar penggunaan Learning Management System (LMS) lebih ditingkatkan lagi di lingkungan Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Kegiatan dengan pemateri Nurijal, S.Pd., M.Pd ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Alademik Bapak Dr. Harto. S. Malik, M. Hum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa setiap dosen harus memiliki LMS, dimana LMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

"Dalam pelaksanan perkuliahan dosen mengunakan hybrid learning yaitu metode pembelajaran yang menggabungkan sistem pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Dimana proporsi pembelajaran dilaksanakan tatap muka dan daring masing masing 50%, kecuali mata kuliah tertentu yang harus dilaksaksanakan tatap muka secara penuh." Ungkapnya.

Kemudian Beliau menambahkan, "Setiap dosen harus memetakan mata kuliah tatap muka dan mata kuliah daring. LMS tetap akan digunakan walaupun perkuliahan dilaksakanan secara tatap muka penuh."

Selain itu, menurut Wakil rektor yang juga dosen Prodi Bahasa Inggris ini LMS adalah salah satu bahan penilaian dalam akreditasi internasional.

"Fakultas MIPA akan melakukan akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Akreditasi FIBAA ini akan melihat aktivitas mahasiswa dan dosen di LMS dan assesmen lapangan juga akan dilihat di LMS," Paparnya.

Materi pada kegiatan ini terdiri dari empat materi yaitu Jenis evaluasi pada OBE, Mekanisme Penyusunan Portofolio Penilaian, Mekanisme Penilaian CPMK (Courses Learning Outcomes) dan Sub CPMK, dan Pengukuran Capaian Pembelajaran dan Peserta Workshop adalah dosen yang berasal dari Jurusan Pendidikan Fisika. 

Agenda

31 Juli - 02 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Website