BIMTEK Penulisan Artikel Almiah dan Publikasi Prodi Pendidikan Fisika, Pemateri Muhammad Rizqie Arbie, Ph.D (Institut Teknologi Bandung)

Oleh: Meilan Demulawa . 14 September 2021 . 16:09:07

Kegiatan ini dilaksakan melalui Zoom yang diikut sertai oleh mahasiswa dan dosen program studi S-1 Fisika dan pendidikan S-1 Fisika untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam menulis artikel ilmiah serta meningkatkan publikasi baik bagi mahasiswa maupun dosen khususnya di kalangan Program Studi Fisika.

Kegiatan ini di hadiri oleh Dr. Trisnawaty J.Buhungo M.Pd selaku Ketua Program Studi Fisika dan Kepala Laboratorium Jurusan Fisika Drs. Asri Arbie, M.Si sekaligus sebagai penggagas terselenggaranya kegiatan Bimtek ini.

Pada Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Fisika Ibu Dewi Diana Paramata, S.Pd M.Pd.  Melalui sambutannya, ketua Jurusan Fisika mengharapkan agar para peserta benar-benar menyimak dan serius dalam mengikuti kegiatan tersebut sehingga mampu menerapkannya dalam menulis artikel dan mempublikasikan secara luas melalui jurnal ilmiah, konferensi atau media publikasi lainnya. Dengan demikian, nantinya akan mampu menaikkan jumlah publikasi di lingkungan Jurusan Fisika.

Kegiatan ini sangat menarik karena materi yang disampaikan oleh narasumber Muhammad Rizqie Arbie, Ph.D (Institut Teknologi Bandung) sangat detail disertai penjelasan setiap tahapan secara sistematis.Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir terdapat salah satu syarat kelulusan yaitu publikasi artikel. Selain itu, berdasarkan analisis responden dari peserta, sebagian besar menginginkan kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin karena memiliki manfaat yang sangat besar baik terhadap penulis maupun instansi.

 

Publikasi ilmiah merupakan salah satu kategori penting dalam penilaian kinerja Universitas yaitu Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU 5).

Agenda

31 Juli - 02 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Website